Profil Perusahaan


PT. Panen Lestari Internusa atau SOGO Department Store adalah salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang didirikan pada tahun 1990 dengan kantor perusahaan yang berlokasi di Wisma BNI 46, Jakarta, yang diakui sebagai salah satu pengecer terkemuka bangsa. PT.Panen Lestari Internusa adalah Perusahaan yang membawahi Departement Store terkemuka di Indonesia (SOGO, Seibu, Gallery Lafayette), Supermarket (FOODHALL), dan restaurant (Chatterbox, Palem Cafe, PAUL, Genki Sushi).Sogo berasal dari nama pendiri Sogo Departement Store yaitu Mr. Ihei Sogo.
PT. Panen Lestari Internusa atau SOGO Department Store merupakan tempat pusat belanja dengan pengalaman yang nyaman dan fantastis yang menawarkan berbagai macam produk baik dari lokal dan internasional termasuk: kosmetik, wewangian, pria, wanita serta mode anak-anak & aksesoris dan peralatan rumah tangga.
PT. Panen Lestari Internusa (SOGO) di indonesia memiliki 13 department store yang berlokasi di lima (5) kota besar di Indonesia, meliputi: Jakarta, yang terletak di Mall Kelapa Gading, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall 2, Central Park, Emporium Pluit, Kota Kasablanka dan Alam Sutra, Bandung, yang terletak di Paris Van Java, Surabaya, berlokasi di Plaza Tunjungan 4 dan Galaxy Mall, Bali, yang terletak di Bali Collection dan Bali Discovery, dan Medan, yang terletak di Sun Plaza.
Visi
Sogo Departement Store mempunyai visi dapat masuk dalam jajaran Departemen Store nomor satu di indonesia yang unggul baik dalam kualitas maupun pelayanan.
Misi
- Menjadi Departemen Store Multi Services Provider terbaik dari sisi kualitas dan pelayanan di Surabaya.
- Memperkenalkan trend dari mode yang terbaru yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk meningkatkan gaya hidup masyarakat.
- Melakukan kerjasama dengan elemen media elektronik, cetak, television
- Memberikan pelayanan dari menghampiri pelanggan sampai terjadinya transaksi.
- Mengkombinasikan antara department store-nya dengan berbagai specialties store.mulai dari baju anak-anak,Dewasa,Foodhall,Sport dll.
- Mempromosikan produk di media elektronik.
Sasaran
Dalam mencapai visinya, menjadi Depstore yang unggul dalam kualitas dan pelayanan. Sogo mempunyai struktur organisasi yang mempunyai wewenang,tugas dan tanggungjawab untuk mengatur jalannya perusahan. Berikut struktur organisasi :
- Meningkatkan penjualan disetiap bulannya.
- Memberikan kepuasan pelayanan kepada customer.
- Mengadakan event tahunan.
- Memberikan promo menarik tiap event bulanan.
- Membuka anak cabang baru di wilayah indonesia.
Dalam mencapai visinya, menjadi Depstore yang unggul dalam kualitas dan pelayanan. Sogo mempunyai struktur organisasi yang mempunyai wewenang,tugas dan tanggungjawab untuk mengatur jalannya perusahan. Berikut struktur organisasi :
Pelayanan( Service)
Dalam segi pelayanan Sogo mempunyai Motto yaitu Melayani dengan senyum, Melayani dengan semangat dan Melayani dengan segera. Motto tersebut menjadi acuhan karyawan untuk meningkatkan kualitas terutama dalam hal pelayanan terhadap customer.Selain punya motto sogo juga mempunyai standart 6 langkah penjualan yaitu :
Training di sini penting sekali. Sebab department store ini padat dengan sumber daya manusia. SDM inilah yang patut mendapatkan berbagai jenis training terutama menyangkut interpersonnal skill.
Training juga sangat penting untuk menjelaskan visi dan misi perusahaan. Sehingga seluruh SDM mengerti dan faham visi dan misi tersebut.
Posisi Sogo dengan beberapa saudara perusahaannya, sangat strategis. Karena department store itu ditunjang lebih dari 50 merek, mulai peralatan olah raga, fashion dan pakaian anak-anak, yang merupakan merek terkenal.
Sogo juga ditunjang oleh perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti food & beverage dan lifestyle serta supermarket. Hal itu kian memantapkan Sogo sebagai pusat belanja dan rekreasi keluarga.
Konsep pengembangan yang dipakai adalah memaksimalkan pertumbuhan yang potensial, dari seluruh perusahaan yang berada di bawah holding company PT Mitra Adiperkasa Tbk itu. Saat ini, kontribusi Sogo terhadap induk perusahaan tersebut sekitar 46%.
Dengan konsep itu, Sogo tidak sekadar men-display produk bermerek, melainkan sekaligus bertanggung jawab untuk mengembangkan merek tersebut.
Di sinilah keunikan Sogo, yang mampu mengombinasikan antara department store-nya dengan berbagai specialties store di atas. Bisa dilihat bahwa di setiap Sogo selalu ditunjang dengan adanya specialties store seperti Planet Sport yang menyediakan produk peralatan olahraga, produk fashion yang menampilkan puluhan merek terkenal dan pakaian anak-anak.
Selain menyediakan kebutuhan pakaian, Sogo juga ditunjang oleh tersedianya layanan F&B seperti Starbucks, Chatterbox dan Spicegarden, serta divisi lifestyle di antaranya toko buku Kinokuniya.
Dengan keunikan itu, maka lengkaplah apabila Sogo menjadi one stop department store dan pusat rekereasi keluarga. Sehingga, tidak saja hanya melayani kebutuhan kaum wanita beserta berbagai aksesoris, melainkan juga memenuhi kebutuhan perlengkapan busana pria dan anak-anak.
Belanja di Sogo pun menjadi lebih nyaman karena tersedianya restoran dan toko buku sebagai tempat pilihan melepas penat setelah berbelanja. Bahkan orang bisa berkunjung ke supermarket sekaligus untuk mencukupi kebuuhan pokoknya.
Efektifitas
Dalam segi pelayanan Sogo mempunyai Motto yaitu Melayani dengan senyum, Melayani dengan semangat dan Melayani dengan segera. Motto tersebut menjadi acuhan karyawan untuk meningkatkan kualitas terutama dalam hal pelayanan terhadap customer.Selain punya motto sogo juga mempunyai standart 6 langkah penjualan yaitu :
- Berdiri siap melayani
- Menghampiri Pelanggan
- Memperlihatkan Produk
- Menjelaskan Produk
- Menawarkan Produk Sebagai Pelengkap
- Menutup Penjualan
Training di sini penting sekali. Sebab department store ini padat dengan sumber daya manusia. SDM inilah yang patut mendapatkan berbagai jenis training terutama menyangkut interpersonnal skill.
Training juga sangat penting untuk menjelaskan visi dan misi perusahaan. Sehingga seluruh SDM mengerti dan faham visi dan misi tersebut.
Posisi Sogo dengan beberapa saudara perusahaannya, sangat strategis. Karena department store itu ditunjang lebih dari 50 merek, mulai peralatan olah raga, fashion dan pakaian anak-anak, yang merupakan merek terkenal.
Sogo juga ditunjang oleh perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti food & beverage dan lifestyle serta supermarket. Hal itu kian memantapkan Sogo sebagai pusat belanja dan rekreasi keluarga.
Konsep pengembangan yang dipakai adalah memaksimalkan pertumbuhan yang potensial, dari seluruh perusahaan yang berada di bawah holding company PT Mitra Adiperkasa Tbk itu. Saat ini, kontribusi Sogo terhadap induk perusahaan tersebut sekitar 46%.
Dengan konsep itu, Sogo tidak sekadar men-display produk bermerek, melainkan sekaligus bertanggung jawab untuk mengembangkan merek tersebut.
Di sinilah keunikan Sogo, yang mampu mengombinasikan antara department store-nya dengan berbagai specialties store di atas. Bisa dilihat bahwa di setiap Sogo selalu ditunjang dengan adanya specialties store seperti Planet Sport yang menyediakan produk peralatan olahraga, produk fashion yang menampilkan puluhan merek terkenal dan pakaian anak-anak.
Selain menyediakan kebutuhan pakaian, Sogo juga ditunjang oleh tersedianya layanan F&B seperti Starbucks, Chatterbox dan Spicegarden, serta divisi lifestyle di antaranya toko buku Kinokuniya.
Dengan keunikan itu, maka lengkaplah apabila Sogo menjadi one stop department store dan pusat rekereasi keluarga. Sehingga, tidak saja hanya melayani kebutuhan kaum wanita beserta berbagai aksesoris, melainkan juga memenuhi kebutuhan perlengkapan busana pria dan anak-anak.
Belanja di Sogo pun menjadi lebih nyaman karena tersedianya restoran dan toko buku sebagai tempat pilihan melepas penat setelah berbelanja. Bahkan orang bisa berkunjung ke supermarket sekaligus untuk mencukupi kebuuhan pokoknya.
Efektifitas
Keunikan
sebagai one stop department store inilah yang hingga kini belum dimiliki
department store lain di Indonesia. Dengan kelengkapan sejumlah merek yang
dimiliki specialties store itu, Sogo akan menjamin eksklusivitasnya
dibandingkan department store lain yang lebih mengandalkan sejumlah
supplier-nya.
Sogo sebagai department store klas menengah atas, mungkin tidak bisa dibandingkan dengan department store lain, kendati memiliki target pasar yang sama. Sebab masing-masing memiliki keunggulan
Kendati demikian, Sogo tidak harus berpangku tangan dan puas dengan posisinya saat ini yang masih eksis sebagai tempat belanja kaum minoritas negeri ini.
Tapi Sogo terus berbenah dan memperbaiki berbagai strategi untuk merealisasikan visi menjadi perusahaan ritel papan atas Indonesia.
Sogo sebagai department store klas menengah atas, mungkin tidak bisa dibandingkan dengan department store lain, kendati memiliki target pasar yang sama. Sebab masing-masing memiliki keunggulan
Kendati demikian, Sogo tidak harus berpangku tangan dan puas dengan posisinya saat ini yang masih eksis sebagai tempat belanja kaum minoritas negeri ini.
Tapi Sogo terus berbenah dan memperbaiki berbagai strategi untuk merealisasikan visi menjadi perusahaan ritel papan atas Indonesia.
Sebagai Depstore yang sudah memiliki cabang diberbagai daerah,Sogo tidak mau kalah saing dengan depstore lainnya, sogo terus berbenah diri untuk memperbaiki strateginya dan menjalankan taktiknya dengan melakukan berbagai cara untuk merealisasikan visinya yaitu untuk tetap unggul menjadi salah satu tempat perbelanjaan nomor satu di indonesia. Dan untuk memaksimalkan pengembangan dan pertumbuhan Depstorenya,sogo harus menggenjot penjualan (omset) dengan mengadakan event tahunan seperti Natal, lebaran, Big sale,late night dll.
Untuk segi marketingnya Sogo juga bekerja sama dengan PT.Mitra Adiperkasa Tbk. yaitu program voucher MAP. Voucher MAP adalah sejenis uang tapi dia berbentuk voucher,cara mendapatkan voucher tersebut hanya bisa di dapatkan di PT.Mitra Adiperkasa yang nantinya voucer tersebut bisa dibelanjakan di sogo departemen store tanpa minimum pembelanjaan dan dapat dibelanjakan disemua brand sogo. Promo yang diberikan sogo terhadap masyarakat luas sangat menguntungkan dan selalu memberikan kepuasan terhadap custumer.
Untuk segi marketingnya Sogo juga bekerja sama dengan PT.Mitra Adiperkasa Tbk. yaitu program voucher MAP. Voucher MAP adalah sejenis uang tapi dia berbentuk voucher,cara mendapatkan voucher tersebut hanya bisa di dapatkan di PT.Mitra Adiperkasa yang nantinya voucer tersebut bisa dibelanjakan di sogo departemen store tanpa minimum pembelanjaan dan dapat dibelanjakan disemua brand sogo. Promo yang diberikan sogo terhadap masyarakat luas sangat menguntungkan dan selalu memberikan kepuasan terhadap custumer.
Sogo juga menerapkan program Sogo Gift Card yaitu kartu yang mempunyai nominal yang dapat dibelanjakan di sogo saja, biasanya sogo gift card diberikan langsung setelah transaksi pembelanjaan yang memenuhi syarat minimal promo yang telah ditentukan oleh sogo. Cara lain untuk menarik customer yaitu memberi member setiap pembelanjaan 500 rbu, customer akan mendapatkan member sogo yang berguna untuk mengumpulkan point, yang nantinnya point dapat dipotongkan pembelanjaan. Sogo juga bekerja sama dengan City Bank untuk pemberian program additional discont dan berbagai promo yang diberikan oleh pihak city bank yang sangat menguntungkan bagi customer.
Sogo juga bekerja sama dengan PT.Mitra Adiperkasa Tbk. yaitu program voucher MAP. Voucher MAP adalah sejenis uang tapi dia berbentuk voucher,cara mendapatkan voucher tersebut hanya bisa di dapatkan di PT.Mitra Adiperkasa yang nantinya voucer tersebut bisa dibelanjakan di sogo departemen store tanpa minimum pembelanjaan dan dapat dibelanjakan disemua brand sogo. Promo yang diberikan sogo terhadap masyarakat luas sangat menguntungkan dan selalu memberikan kepuasan terhadap custumer.
Teknologi
Di bidang teknologi, Sogo kini menggunakan sistem terintegrasi antara persediaan toko dengan pergudangan. Sehingga, barang-barang yang ada di gudang atau yang sedang dalam perjalanan dari gudang ke toko, bisa terdeteksi. Sistem yang disebut dengan SAP ini akan membantu mempercepat pelanggan mendapatkan barang yang diinginkan. Sogo juga memmpunyai alternatif untuk mempromosikan produk mereka dengan memasang iklan di radio dan koran setiap event besar untuk menarik customer
Value Chain model M.Porter

keterangan aktivitas utama :Teknologi
Di bidang teknologi, Sogo kini menggunakan sistem terintegrasi antara persediaan toko dengan pergudangan. Sehingga, barang-barang yang ada di gudang atau yang sedang dalam perjalanan dari gudang ke toko, bisa terdeteksi. Sistem yang disebut dengan SAP ini akan membantu mempercepat pelanggan mendapatkan barang yang diinginkan. Sogo juga memmpunyai alternatif untuk mempromosikan produk mereka dengan memasang iklan di radio dan koran setiap event besar untuk menarik customer
Value Chain model M.Porter
Logistik ke Dalam
- MI (melakukan pengecekan fisik dengan data)
- Security ( Mengawasi setiap ada barang masuk dan keluar)
- SPG (Bertanggung jawab penuh dengan barang dan konter masing-masing)
- SPV (Mengawasi keadaan floor dan membantu aktivitas yang ada difloor)
- Manager ( Mengatur aktivitas di MD masing-masing)
- Admin (Membantu operasional SOGO)
- Barcode (Membuat Harga promo maupun normal)
- Gudang (Membantu aktivitas yang dibutuhkan di floor)
- MI (Melakukan pengecekan fisik dengan data )
- Security (Mengawasi setiap ada barang masuk dan keluar)
- SPG (Menjual dan menjelaskan produk yang dijual)
- Marketing (Membuat program promo yang menarik)
- SPG (Melayani customer)
- Kasir (Melayani customer saat transaksi)
- Informasi (Melayani customer pembuatan member card,complain,pemberian voucher dll.)
Kesimpulan:
* Skor Total Ancaman : -2.98
Berdasarkan hasil-hasil yag didapat dari analisis internal
dan eksternal pada table, seperti dituliskan di atas, hasilnya dapat dirangkum
sebagai berikut:
* Skor Total
Kekuatan :3,65
* Skor Total
Kelemahan :-2,15
* Skor Total
Peluang : 3,54* Skor Total Ancaman : -2.98
Total IFAS = Total kekuatan + Total kelemahan
= 3,65 + ( -2,15
)
= 1,5
Total EFAS = Total Peluang + Total Ancaman
= 3,54 + ( -2,98
)
= 0,56
Nomor : MKT001/SP/ILC/I/2019
BalasHapusKepada Yth,. :PT SIANTAR TOP
Bapak /ibu HRD
Di Tempat
Perihal : Penawaran Kerjasama Pengiriman Barang via Darat, Laut, Udara & Trucking
Dengan hormat,
Bersama ini kami ingin memperkenalkan perusahaan kami Indah Logistik yang beralamat di Jl. Tanah Merdeka No. 165 AA Jakarta Timur, Kami bergerak dibidang Jasa Pengiriman barangmelalui Darat, Laut, Udara & Jasa Trucking.
Dalam menjalankan usahanya Indah Group didukung oleh beberapa anak usaha, yang mempunyai segmen pengiriman tersendiri, yaitu :
· ILI EXPRESS : Melayani pengiriman door to door via darat
· INDAH TRUCKING : Melayani pengirman door to door Truking Charter
· YATAMA AIR CARGO : Melayani pengiriman via Udara
· INDAH SHIPPING : Melayani pengiriman via Laut
· INDAH GO : Melayani pengiriman Charter Trucking Cooler
Ada beberapa keunggulan yang kami miliki, dimana salah satunya adalah Harga kami sangat bersaing dan ketepatan waktu terjamin, karena :
· Armada yang kami miliki +/- 1.100 unit, yang terdiri dari Pick up, Truk 4 ban, Truk 6 ban & Fuso
· Agen langsung Airlines ( Garuda, Lion, Sriwijaya)
· Kantor Cabang yang berjumlah 256 cabang, tersebar di seluruh Propinsi & Kabupaten di Indonesia
· Tenaga terampil yang total berjumlah +/- 2.500 karyawan
Beberapa perusahaan besar yang ssat ini sudah bekerjasama dengan Indah Group antara lain : Matahari Dept. Store, Gramedia, Bata, Starbucks, Kawasaki Motor Indonesia, Dexa Farmasi, United Tractor, dll.
Demikian penawaran ini kami sampaikan, besar harapan kami kerjasama ini bisa berjalan dengan baik. Atas perhatian dan pertimbangannya kami ucapkan terima kasih.
Jakarta, Jakarta 2019
Hormat kami,
INDAH LOGISTIK
Warm Regards,
Reza.O
Coorporate Marketing Indah Logistic Cargo
Office : +6221 - 8778 6739
Mobile : +62 81218066200
Head Office : Jl. Tanah Merdeka No.165AA - Jakarta Timur
Penawaran Jasa Undername Export-Import, Undername SPI Besi Baja, Customs Clearance Import & Door To Door Service
BalasHapusKepada Yth,
Pimpinan Bag Import PT. PANEN LESTARI INTERNUSA
Div : Import-Export, Purchasing & Domestict
Dengan Hormat,
Perkenalkan kami dari PT JTRAN PERSADA Merupakan perusahaan International Sea & Air Freight Forwarders Indonesia, Customs Clearance, Customs Consultant And Land Transportation Service. Dengan kopetensi tinggi dalam semua aspek jasa pengangkutan, di dukung oleh jaringan yang luas yaitu pelayaran dan Customs.
PT JTRAN PERSADA, Memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menanggani setiap aspek kebutuhan yang berhubungan dengan proses kepabeanan baik IMPORT maupun EXPORT.
* Project kerjasama Unggulan Kami SBB :
Jasa Customs Clearance Import Via Udara ( Soekarno-hatta dan Halim Perdana Kusuma )
Jasa Customs Clearance Import Via Laut ( LCL / FCL 20feet / 40feet dll )
Jasa Undername Export-Import
Jasa Import Door To Door Service Dari Seluru Negara Asal Ke Indonesia
Undername / perizinan import ( Perusahaan / Sewa )
Bea Import Borongan ( ALL-IN ) Via Laut dan Udara
All-In Customs Clearance Including : Pajak Import, Biaya D.O, Sewa Gudang & Other Chargest
Domestik Via Laut, Darat dan Udara ke Seluruh Indonesia
Cara konsultasi gratis untuk mengimport
Agensi : Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia
* Perusahaan Kami Salah Satu Perusahaan yg Melayani & Memiliki Beberapa Izin Import dan Kuota Import Seperti :
API dengan XX bagian HS
Kuota ( PI Besi Atau Baja, Baja Panduan, Dan Produk Turunannya )
Kuota ( PI Produk Kehutanan )
Kuota ( Mesin Bekas / Barang Bekas )
LS ( Laporan Surveyor )
LS Alas kaki
LS Electronic
LS Mainan
LS Pakaian jadi
LS Garment
LS Textile
* Operasional Perusahaan kami Meliputi :
Port Tanjung Priok & Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
Port Tanjung Perak ( Surabaya )
Port Tanjung Mas ( Semarang )
Port Belawan ( Medan )
V I S I :
Being a proactive company that always look forward to developing new ways (innovation) endlessly to streamline supply chain management (supply chain) of our customers, so we minimize costs.
"Menjadi perusahaan proaktif yang selalu berharap untuk mengembangkan cara-cara baru (inovasi) tanpa henti untuk merampingkan manajemen rantai pasokan (supply chain) pelanggan kami, jadi kami meminimalkan biaya"
M I S I :
We are dedicated to providing innovative supply chain management and convincing with professionalism and integrity in all our operations, and is committed to providing the best service to our clients.
"Kami berdedikasi untuk menyediakan manajemen rantai pasokan yang inovatif dan meyakinkan dengan profesionalisme dan integritas dalam semua operasi kami, dan berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada klien kami"
Demikianlah perkenalan dari kami, besar harapan kami menjadi mitra atau rekanan baru di perusahaan bapak/ibu. Atas kesempatan, kepercayaan dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.
Thanks & Best Regards,
Irwan.A ( Mr )
Import Dept
PT. JTRAN PERSADA
==============================
General Trading Supplier & Export-Import
Office :
Cibubur Times Square, Ruko Medison
Blok B3 No.8 Jl. Raya Transyogi Km.3 Jati Karya, Jati Sempurna Kota Bekasi, Jawa Barat, 17435
Telp : 021-28674430
Fax : 021-28674430
Whatshapp : +6282112992895 / +6285780961673
E-mail : irwan.stmi@gmail.com
: irwan.jinggatran@gmail.com